Analisis Karbon Monoksida (CO) Menggunakan Metode Gaussian Plume di Persimpangan Margorejo Ahmad Yani Surabaya

Muhammad Taffarel Faridzi Naufal(1*), Ida Munfarida(2), Yusrianti Yusrianti(3)

(1) Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya 60237, Indonesia
(2) Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya 60237, Indonesia
(3) Program Studi Teknik Sipil, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya 60237, Indonesia
(*) Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.25077/dampak.20.1.16-25.2023
Copyright (c) 2023 Muhammad Taffarel Faridzi Naufal, Ida Munfarida, Yusrianti Yusrianti

Abstract


Carbon monoxide is a pollutant that can interfere with human life and the environment. One of the sources of carbon monoxide pollutants comes from motor vehicle emissions. Heavy traffic can result in poor air quality. The city of Surabaya is the largest metropolitan city after Jakarta. One of the heavy traffic in the city of Surabaya is the Margorejo Ahmad Yani intersection, this intersection is the link between Surabaya and Sidoarjo. The purpose of this study is to determine the results of carbon monoxide in the field, predict the Gaussian Plume model, and calculate the results of field data validation and model data. Determination of the location of the sampling point is based on SNI 19-7119.6.9, 2005 section 6, so that a total of 6 sampling points can represent the intersection. The average yield of carbon monoxide in the field on Saturday, Sunday, and Monday in a row is 14,336 μg/m3, 13,615 μg/m3, 16,881 μg/m3. The distribution distance of the Gaussian model simulation on Saturday Morning; Afternoon; The afternoon in a row is 54 m; 64; 76 m, Sunday Morning; Afternoon; The afternoon in a row is 34 m; 53 m; 54 m, Monday Morning; Afternoon; The afternoon in a row is 62 m; 65 meters; 62 m. The results of field data validation and model data with the MAPE formula are 15.17%.

 

Keywords: motor vehicles, carbon monoxide, gaussian

 

 

ABSTRAK

 

Karbon monoksida merupakan polutan yang dapat mengganggu kehidupan manusia dan lingkungan. Salah satu sumber pencemar karbon monoksida berasal dari emisi kendaraan bermotor. Lalu lintas yang padat dapat mengakibatkan kualitas udara yang buruk. Kota Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar setelah Jakarta. Salah satu lalu lintas yang padat di Kota Surabaya adalah simpang Margorejo Ahmad Yani, simpang ini merupakan penghubung antara Surabaya dengan Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil karbon monoksida di lapangan, memprediksi model Gaussian Plume, dan menghitung hasil validasi data lapangan dan data model. Penentuan lokasi titik pengambilan sampel didasarkan pada SNI 19-7119.6.9 tahun 2005 pasal 6, sehingga sebanyak 6 titik pengambilan sampel mewakili titik potong tersebut. Hasil rata-rata karbon monoksida di lapangan pada hari Sabtu, Minggu, dan Senin berturut-turut adalah 14.336 μg/m3, 13.615 μg/m3, 16.881 μg/m3. Jarak distribusi simulasi model Gaussian pada Sabtu Pagi; Sore; Sore berturut-turut adalah 54 m; 64; 76 m, Minggu Pagi; Sore; Sore berturut-turut adalah 34 m; 53 m; 54 m, Senin Pagi; Sore; Sore berturut-turut adalah 62 m; 65 meter; 62 m. Hasil validasi data lapangan dan data model dengan rumus MAPE sebesar 15,17%.

 

Kata kunci: kendaraan bermotor, karbon monoksida, gaussian

      

Keywords


motor vehicles; carbon monoxide; gaussian

Full Text:

PDF

References


Assomadi, A. F., Widodo, B., & Hermana, J. (2016). The kinetic approach of NOx photoreaction related to ground measurement of solar radiation in estimates of surface ozone concentration. International Journal of ChemTech Research, 9(7), 182–190.

Gusnita, D. (2012). Pencemaran logam berat timbal (Pb) di udara dan upaya penghapusan bensin bertimbal. Berita Dirgantara, 13(3).

Hasibuan, F., Warsito, W., & Suciyati, S. W. (2015). Simulasi model dispersi polutan gas dan partikulat molekul pada pabrik semen dengan menggunakan software Matlab 7.12. Jurnal Teori Dan Aplikasi Fisika, 3(2).

Hoesodo, D. (2004). Permodelan Pencemaran Udara Akibat Lalu Lintas di Jalan Arteri (Studi Kasus Ruas Jalan Soekarno-Hatta di Kota Bandung).

Ismiyati, I., Marlita, D., & Saidah, D. (2014). Pencemaran udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 1(3), 241–248.

Kamal, N. M. (2015). Studi tingkat kualitas udara pada kawasan mall Panakukang di makassar. Skripsi, Program Studi Teknik Lingkungan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Unhas.(Online) Http://Repository, Unhas. Ac. Id/Handle/123456789/14300.(Diakses Pada Tanggal 18 September 2018, Pukul 20.52).

Maleiva, L. T. N., Sitorus, B., & Jati, D. R. (2015). Penurunan Konsentrasi Gas Karbon Monoksida Dari Kendaraan Bermotor Menggunakan Adsorben Zeolit Alam. Jurnal Kimia Khatulistiwa, 4(1).

Masito, A. (2018). Analisis Risiko Kualitas Udara Ambien (NO2 Dan SO2) dan Gangguan Pernapasan pada Masyarakat di Wilayah Kalianak Surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 10(4), 394–401.

Miladina, A. (2019). Perbandingan Tingkat Pencemaran Karbon Monoksida (Co) Di Ruas Jalan Solo-Yogyakarta Menggunakan Pemodelan Dispersi Gauss Dan Pengukuran Langsung.

Proborini, D. E. (2019). Analisis Pengaruh Jumlah Kendaraan Bermotor Dan Kecepatan Angin Terhadap Konsentrasi Karbon Monoksida Di Pintu Masuk Terminal Arjosari.

Rumselly, K. U. (2016). Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan Kualitas Udara Ambien Di Kota Ambon. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 8(2), 158–163.

Sasmita, A., Khaira, I., Elystia, S., & Reza, M. (2021). Dispersi Karbon Monoksida (CO) dari Emisi Transportasi Menggunakan Model Gaussian Line Source di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru. Journal of Environmental Engineering and Waste Management, 6(2), 145–159.

Sengkey, S. L., Jansen, F., & Wallah, S. E. (2011). Tingkat pencemaran udara CO akibat lalu lintas dengan model prediksi polusi udara skala mikro. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 1(2).

Tobing, K. R. L., & Istirokhatun, T. (2013). Pengaruh Jumlah Kendaraan dan Faktor Meteorologis (Suhu, Kecepatan Angin) Terhadap Peningkatan Konsentrasi Gas Pencemar CO, NO2, dan SO2 Pada Persimpangan Jalan Kota Semarang (Studi Kasus Jalan Karangrejo Raya, Sukun Raya, dan Ngesrep Timur V). DIPOIPTEKS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Undip, 1(1), 25–28.

Wardhani, A. K., Israwan, L. F., Hardiansya, A., Setiawan, J., Wahyuddin, S., Khikmah, L., Ilham, A., & Nurmuslimah, S. (2022). Teknik Peramalan Pada Teknologi Informasi. PT Global Eksekutif Teknologi




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.