SEBARAN KEBISINGAN BANDAR UDARA ADI SUMARNO MENGGUNAKAN SOFTWARE MATLAB

Lea Purnama(1*), Rd. Indah Nirtha Nilawati(2), Nova Annisa(3)

(1) Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 70714, Indonesia
(2) Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 70714, Indonesia
(3) Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 70714, Indonesia
(*) Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.25077/dampak.18.1.32-36.2021
Copyright (c) 2023 Lea Purnama, Rd. Indah Nirtha Nilawati, Nova Annisa

Abstract


Noise is an unwanted sound that comes from a business or an activity in a certain time level that can cause health problems and comfort. The level of aircraft noise exposure around Adi Sumarmo International Airport can cause disruption to residents living in close proximity to the airport. The creation of airport noise maps is urgently required to identify residential areas that are affected in certain areas. The aircraft noise contour is created by the model using Matlab Software. This study use LWECPN as the evaluation indicator for aircraft noise according to Government Regulation No.40 of 2012. It is recommended that the noise level in cultural and educational areas should be less than 70 dB, whereas the level at other living areas should be no more than 75 dB. The method used in this study consisted of several processes: modeling steps, programming steps, and modeling validation. Based on the aircraft noise simulation of Adi Sumarmo Airport it was found that the regional coverage of area with LWECPN > 80 dB was 4,13 km2, including 1,16 km2 residents living and 5 educational buildings, LWECPN 75-80 dB was 2,27 km2 including 1,912 km2 residents living and 5 educational buildings, and LWECPN 70-75 dB was 6,4 km2 including 8 educational buildings.

 

Keywords: Noise, Modelling, Validation

 

ABSTRAK

 

Kebisingan merupakan suara yang tidak dikehendaki yang berasal dari dari usaha atau suatu kegiatan dalam tingkat waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan kenyamanan. Tingkat kebisingan yang dihasilkan pesawat dari Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo dapat menyebabkan gangguan terhadap permukiman penduduk yang berada di sekitarnya. Pembuatan peta sebaran kebisingan penting dilakukan untuk mengidentifikasi permukiman yang terkena dampak kebisingan tersebut. Peta kontur kebisingan dihasilkan dari model yang dibuat dengan menggunakan software Matlab. Pada penelitian ini indeks kebisingan yang digunakan yaitu WECPNL yang sesuai dengan PP No. 40 Tahun 2012. Dalam indeks kebisingan WECPNL, tingkat kebisingan diharuskan kurang dari 70 dB untuk kawasan sekolah, dan tidak lebih dari 75 dB untuk kawasan permukiman penduduk. Metode yang dipakai dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahap permodelan, tahap pemrograman, dan validasi model. Berdasarkan hasil simulasi kebisingan pesawat di Bandar Udara Adi Sumarmo, terdapat kawasan tingkat kebisingan dengan WECPNL > 80 dB seluas 4,13 km2 yang terdiri dari 1,16 km2 untuk kawasan permukiman dan terdapat 5 bangunan sekolah yang berada pada kawasan tersebut. Selain itu luas total kawasan tingkat kebisingan dengan WECPNL 75-80 dB sebesar 2,27 km2 yang terdiri dari kawasan permukiman seluas 1,912 km2 dan terdapat 5 bangunan sekolah. Pada kawasan tingkat kebisingan WECPNL 70-75 dB mencakup luas wilayah sebesar 6,4 km2 dimana pada kawasan tersebut terdapat 8 bangunan sekolah.

 

Kata Kunci: Kebisingan, Permodelan, Validasi.


Keywords


Noise, Modelling, Validation

Full Text:

PDF

References


ECAC, 2005. ECAC.CEAC Doc 29, In: Report Standard Method Computing Noise Contours Civil Airports Volume 1: Applications Guide.

Fanny, M. 2015. Analisis Pengaruh Kebisingan Terhadap Tingkat Konsentrasi Kerja pada Tenaga Kerja di Bagian Proses PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan. 5(1): 52-61.

Hartono, H., 2008. Pengaruh Bising Pesawat Udara Terhadap Jumlah Sel Nk (Cd56+ Cd16+ Cd3) pada Masyarakat di Sekitar Bandara Adi Sumarmo Boyolali. Yarsi Medical Journal 16, 171–179.

Kemenkes RI. 2018. Telinga Sehat Investasi Masa Depan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses Online, 20 April 2020. (http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/ril is-media/20180302/4725111/telingaI II III sehat-investasi-masa-depan/)

Kurnia, A. 2018. Pengendalian Bising Interior Pesawat Terbang Baling-Baling (TURBOPROP) dengan Active Noise Control. Jurnal TEDC. 12(2): 88-91.

Primanda, F.B., 2012. Pemetaan Kebisingan Akibat Aktivitas Pesawat dengan Software Integrated Noise Model (INM) Di Sekitar Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Universitas Indonesia. Jakarta.

Septiana, N. R., E. Widowati. 2017. Gangguan Pendengaran Akibat Bising. Journal of Public Health Research and Development. 1(1): 73-82.

Setyanti, D., P. Andarani. & H. S. Huboyo. 2017. Estimasi Sebaran Kebisingan Akibat Aktivitas Landing dan Take-Off Pesawat Sipil dengan Menggunakan Software Matlab di Sekitar Bandar Udara Adi Sumarmo Boyolali. Jurnal Teknik Lingkungan.

Wibowo, E.E., dkk, 2010. Studi Tentang General Reaction Score pada Wanita yang Mengalami Stres Bising Pesawat Udara di Sekitar Bandara Adi Sumarmo Boyolali. Ekosains 2.

Yan, H.-K., Wang, N., Wei, L., Fu, Q., 2013. Comparing Aircraft Noise Pollution And Cost-Risk Effects of Inland And Offshore Airports: The Case of Dalian International Airport, Dalian, China. Transportation Research Part D: Transport and Environment 24, 37–43




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.